Pengertian Individu
sebagai peseta didik
Istilah individu
berasal dari kata individera berarti
suatu kesatuan organisme yang tidak dapat dibagi bagi lagi atau tidak dapat
dipisahkan.Individu merupakan kata benda dari individual yang berarti orang
atau perseorangan (Echols,1975: 519).Sejak berada di dalam kandungan dan akhir
hayatnya,seorang manusia akan terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan.
Makna pertumbuhan
dengan perkembangan berbeda,bila pertumbuhan merupakan untu menyatakan
perubahan fisik dari seseorang.Sebagai contoh pertumbuhan manusia dari janin
menjadi bayi,bayi menjadi anak anak ,anak anak menjadi remaja dan
seterusnya.Sedangkan perkembangan merupakan perkembangan merupakan perubahan
kemampuan seseorang dalam kehidupan.Misalnya,seorang anak tidak bisa berenang
tetapi setelah belajar berenang beberapa waktu ia pun menjadi mahir.Pada saat
remaja ,ia tidak menjalankan sholat 5 waktu,tetapi setelah dewasa ia pun sadar
akan kewajiban sholat 5 waktu dan melaksanakannya.
Dari definisi individu
diatas,yang termasuk peserta didik adalah mereka yang telah memasuki usia
sekolah.Jadi peserta didik merupakan siswa
di satuan pendidikan.
Karakteristik Individu
sebagai Peserta didik
Setiap individu
memiliki karakteristik yang diperoleh
dari bawaan maupun pengaruh lingkungan.Karakteristik bawaan terdiri dari
biologis maupun psikologis.Karakteristik yang bersifat biologis lebih bersifat
tetap,sedangkan psikologis lebih mudah dipengaruhi oleh lingkungan maupun
pengalaman hidup individu.
1.Pengertian
dan Karakteristik Kehidupan Pribadi
Setiap manusia memiliki
kebutuhan yang untuk dirinya sendiri dan harus dipenuhi.Kebutuhan ini terdiri
dari kebutuhan fisik dan kebutuhan sosio-psikologis.Kondisi fisik mempengaruhi
perkembangan dan pembentukan kepribadian seseorang .Sebagai gambaran dua orang
anak,anak pertama tidak berkebutuhan khusus sedangkan anak kedua adalah seorang
tuna netra.Maka perkembangan kedua anak kelak dalam menghadapi lingkungan akan
lebih mudah bagi anak pertama.
Setiap individu
memiliki kebutuhan pribadi yang berbeda beda .Karena itulah setiap individu
harus dapat memenuhinya.Setiap individu pasti juga memiliki harga diri yang
akan dipertahankan sesuai keinginan harga diri tersebut.
2.Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Perkembangan Pribadi
Ada
beberapa aliran yang menyatakan faktor faktor apa saja yang mempengaruhi
perkembangan pribadi.Aliran nativisme menyatakan bahwa seorang individu akan
menjadi pribadi sebagaimana adanya yang telah ditentukan oleh pembawaan dan
sifatnya yang dibawa sejak kelahiran.Jadi yang dapat disimpulkan dari aliran
ini adalah bahwa setiap individu akan berkembang sesuai dengan pembawaan dan
sifat yang dibawanya sejak lahir tanpa adanya pengaruh lingkungan.Aliran
empirisme menyatakan bahwa setiap individu seperti kertas yang putih bersih,ia
akan berkembang menjadi pribadi sesuai pengaruh yang ia dapat dari
pengalaman,pendidikan dan lingkungan tanpa adanya sifat bawaan.Sedangkan aliran
yang mengatakan bahwa sifat bawaan dan pengalaman yang diperoleh akan memberi
pengaruh terhadap perkembangan individu adalah aliran konvergensi.pengaruh
sifat bawaan dan pengalaman menurut aliran ini sama sama memiliki peran yang
sama penting dalam perkembangan individu.
3.Perbedaan
Individu dalam Perkembangan Pribadi
Perkembangan
individu akan selalu berbeda dengan individu lainnya dikarenakan sifat bawaan
yang dimiliki dan lingkungan ia dibesarkan.
4.Pengaruh
Perkembangan Kehidupan Pribadi terhadap Tingkah Laku
Kehidupan
merupakan sesuatu yang berkesinambungan dalam proses pertumbuhan maupun
perkembangan.Kehidupan individu dipengaruhi oleh keadaan sebelumnya,dan
kehidupan yang akan datang kemungkinan besar ditentukan di saat ini.Kepribadian
merupakan nama lain dari tingkah laku , bahwa yang mempengaruhi tingkah laku
individu adalah kehidupan masa kini, masa lalu dan interaksi dengan lingkungan
yang dijalaninya.
5.Upaya
Pengembangan Kehidupan Pribadi
Upaya
yang dapat dilakukan untuk memperoleh pengembangan kehidupan pribadi yang baik
adalah sebagai berikut
a. Hidup
sehat dan teratur dengan memanfaatkan waktu yang diberikan ALLAH SWT.Memahani
norma yang berlaku di lingkungan sekitar
b. Mengerjakan
kewajiban dengan bertanggung jawab
c. Bermasyarakat
yang baik
d. Menanggapi
masalah yang ada disekitar dengan bijak
e. Mematuhi
orang tua
f. Belajar
dengan bersungguh sungguh
Selain
diatas,usaha penciptaan pengembangan kehidupan pribadi yang baik juga merupakan
tanggung jawab pemerintah sesuai
pembukaan UUD 1945.
Daftar
Pustaka :
Fatimah,Enung.2008.Psikologi Perkembangan
( Perkembangan Peserta Didik ). Bandung: CV PUSTAKA SETIA
Dosen
Pembina :Drs. Puger Honggowiyono., M.T
Tidak ada komentar:
Posting Komentar