Jumat, 22 Februari 2013

Karakteristik Peserta Didik


Pengertian Individu sebagai peseta didik
Istilah individu berasal dari kata individera berarti suatu kesatuan organisme yang tidak dapat dibagi bagi lagi atau tidak dapat dipisahkan.Individu merupakan kata benda dari individual yang berarti orang atau perseorangan (Echols,1975: 519).Sejak berada di dalam kandungan dan akhir hayatnya,seorang manusia akan terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan.
Makna pertumbuhan dengan perkembangan berbeda,bila pertumbuhan merupakan untu menyatakan perubahan fisik dari seseorang.Sebagai contoh pertumbuhan manusia dari janin menjadi bayi,bayi menjadi anak anak ,anak anak menjadi remaja dan seterusnya.Sedangkan perkembangan merupakan perkembangan merupakan perubahan kemampuan seseorang dalam kehidupan.Misalnya,seorang anak tidak bisa berenang tetapi setelah belajar berenang beberapa waktu ia pun menjadi mahir.Pada saat remaja ,ia tidak menjalankan sholat 5 waktu,tetapi setelah dewasa ia pun sadar akan kewajiban sholat 5 waktu dan melaksanakannya.
Dari definisi individu diatas,yang termasuk peserta didik adalah mereka yang telah memasuki usia sekolah.Jadi  peserta didik merupakan siswa di satuan pendidikan.
Karakteristik Individu sebagai Peserta didik
Setiap individu memiliki karakteristik  yang diperoleh dari bawaan maupun pengaruh lingkungan.Karakteristik bawaan terdiri dari biologis maupun psikologis.Karakteristik yang bersifat biologis lebih bersifat tetap,sedangkan psikologis lebih mudah dipengaruhi oleh lingkungan maupun pengalaman hidup individu.
1.Pengertian dan Karakteristik Kehidupan Pribadi
Setiap manusia memiliki kebutuhan yang untuk dirinya sendiri dan harus dipenuhi.Kebutuhan ini terdiri dari kebutuhan fisik dan kebutuhan sosio-psikologis.Kondisi fisik mempengaruhi perkembangan dan pembentukan kepribadian seseorang .Sebagai gambaran dua orang anak,anak pertama tidak berkebutuhan khusus sedangkan anak kedua adalah seorang tuna netra.Maka perkembangan kedua anak kelak dalam menghadapi lingkungan akan lebih mudah bagi anak pertama.
Setiap individu memiliki kebutuhan pribadi yang berbeda beda .Karena itulah setiap individu harus dapat memenuhinya.Setiap individu pasti juga memiliki harga diri yang akan dipertahankan sesuai keinginan harga diri tersebut.

2.Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Pribadi
Ada beberapa aliran yang menyatakan faktor faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan pribadi.Aliran nativisme menyatakan bahwa seorang individu akan menjadi pribadi sebagaimana adanya yang telah ditentukan oleh pembawaan dan sifatnya yang dibawa sejak kelahiran.Jadi yang dapat disimpulkan dari aliran ini adalah bahwa setiap individu akan berkembang sesuai dengan pembawaan dan sifat yang dibawanya sejak lahir tanpa adanya pengaruh lingkungan.Aliran empirisme menyatakan bahwa setiap individu seperti kertas yang putih bersih,ia akan berkembang menjadi pribadi sesuai pengaruh yang ia dapat dari pengalaman,pendidikan dan lingkungan tanpa adanya sifat bawaan.Sedangkan aliran yang mengatakan bahwa sifat bawaan dan pengalaman yang diperoleh akan memberi pengaruh terhadap perkembangan individu adalah aliran konvergensi.pengaruh sifat bawaan dan pengalaman menurut aliran ini sama sama memiliki peran yang sama penting dalam perkembangan individu.

3.Perbedaan Individu dalam Perkembangan Pribadi
Perkembangan individu akan selalu berbeda dengan individu lainnya dikarenakan sifat bawaan yang dimiliki dan lingkungan ia dibesarkan.

4.Pengaruh Perkembangan Kehidupan Pribadi terhadap Tingkah Laku
Kehidupan merupakan sesuatu yang berkesinambungan dalam proses pertumbuhan maupun perkembangan.Kehidupan individu dipengaruhi oleh keadaan sebelumnya,dan kehidupan yang akan datang kemungkinan besar ditentukan di saat ini.Kepribadian merupakan nama lain dari tingkah laku , bahwa yang mempengaruhi tingkah laku individu adalah kehidupan masa kini, masa lalu dan interaksi dengan lingkungan yang dijalaninya.

5.Upaya Pengembangan Kehidupan Pribadi
Upaya yang dapat dilakukan untuk memperoleh pengembangan kehidupan pribadi yang baik adalah sebagai berikut
a.       Hidup sehat dan teratur dengan memanfaatkan waktu yang diberikan ALLAH SWT.Memahani norma yang berlaku di lingkungan sekitar
b.      Mengerjakan kewajiban dengan bertanggung jawab
c.       Bermasyarakat yang baik
d.      Menanggapi masalah yang ada disekitar dengan bijak
e.       Mematuhi orang tua
f.       Belajar dengan bersungguh sungguh
Selain diatas,usaha penciptaan pengembangan kehidupan pribadi yang baik juga merupakan tanggung jawab pemerintah  sesuai pembukaan UUD 1945.


Daftar Pustaka :
Fatimah,Enung.2008.Psikologi Perkembangan ( Perkembangan Peserta Didik ). Bandung: CV PUSTAKA SETIA



Dosen Pembina :Drs. Puger Honggowiyono., M.T


Tidak ada komentar: